Kamis, 04 Desember 2008

sukur!!!! eh syukur maksudnya...

mensyukuri kehidupan

melakukannya jauh lebih sulit dibandingkan mengucapkannya..
dan ini termasuk gw.. ehehe...

but i'm workin on it...

punya ambisi dan mau, itu sama sekali nggak dosa..
malah bagus.. gw aja pengen banget bisa menjadi manusia yg punya segudang ambisi, tapi ga ambisius.. maksudnya, gw ingin mempunya ambisi, tapi gw nggak mau dikontrol sama ambisi

tapi...
ketika hidup nggak berjalan sesuai dengan apa yang kita mau, ketika ambisi yang mati-matian kita kejar ternyata tidak mejadi kenyataan, alangkah baiknya kalau kita kembali menghela nafas dalam-dalam dan menerima dengan lapang dada
dan mensyukuri apa yang telah kita miliki

karena kalau kita mau sedikit melihat sekeliling kita, banyak sekali hal yang harus kita syukuri tapi selama ini terlupakan

emang udah sifat manusia untuk ga pernah ngerasa puas,
tapi sifat ga pernah puas kita ini juga harus bisa kita kontrol
karena kalau kita terus-terusan memusingkan apa yang ga gitu punya,
bukankah alangkah lebih baik kalau kita fokus sama apa yang udah kita punya dan menjalananinya dengan sebaik-baiknya


ada intermezo sedikit:
gw pernah menanyakan sesuatu ke nyokap gw yang ada hubungannya dengan rasa syukur

gw : "ma, nikah kan udah 25 tahun sama papa.. ga pernah ngerasa jenuh, ma?"
mama : "ga, ko nanya gitu?"
gw : "abis, orang pacaran yang nggak sampe setaun aja banyak yang bilang jenuh. kok bisa ma 25 tahun sama sekali nggak ngerasa gitu?"
mama : "tau nggak tha, kenapa orang bisa jenuh?"
gw : "kenapa ma?"
mama : "soalnya orang nggak mensyukuri apa yang dia punya. jenuh itu asalnya dari ngebandingin sama orang lain. kalo dibanding-bandingin pasti nemu aja yang lebih. jadinya ga puas sama apa yang kita punya. jadi bosen deh"
gw : "hooo..."

begitu sepenggal percakapan ibu dan anak yang suka ngelantur kemana-mana..

jadi ternyata rasa kurang bersyukur itu efeknya bisa kemana-mana y..
mulai dari dampak ke luar, means hubungan kita dengan orang-orang di sekitar kita, dan dampak ke dalam, means ke diri kita sendiri..
ke diri kitanya sendiri, kita jadi ga tenang. semua-semua difikirin ampe gimana banget..
kalau kita bisa mensyukuri kehidupan yang kita punya, insya Allah semua bisa dijalanin dengan lebih tenang dan lebih senang


gw juga lagi berusaha sebaik-baiknya untuk bisa mensyukuri kehidupan yang gw punya sekarang...

doakan gw bisa berhasil menjadi manusia yang penuh rasa syukur ya!!!!!

4 komentar:

achiisurachii mengatakan...

namanya juga pemuda.
dari majalah yg gue baca kemarin, sangat wajar pemuda itu penuh dgn ambisi. kenapa?? karena jiwa pemuda ialah jiwa yg masih tegap !! Masih banyak waktu buat seorang pemuda untuk merepair ambisi ketika ambisi itu gag sejalan dgn apa yg kita harapkan. Back to the klise sentence :: kita hanya bisa merencanakan tp Allah yg menentukan. Makanya alangkah baiknya kalo kita menjadi manusia proses bukan manusia hasil. Artinya, manusia yg menghargai dan sgt puas dgn proses sebelum hasilnya tercapai. Jadi ketika hasilnya agak melenceng bisa diterima dgn lapang dada.
Well,
semangat terus ya bebb..
jangan pernah takut untuk punya mimpi dan ambisi.
Tapi ya itu tadi bener ap yg lo bilang, ambisius juga gag baik untuk kesehatan !
bersyukur pun jgn pernah berhenti dilancarkan. Insya Allah ketika hidup kita ambisinya untuk Allah keberkahan mengalir deras untuk hidup kita. amiinn !!

*ngasii komen atau ngasi ceramah chii?? hehe. maafmaaf...*

osieardi mengatakan...

Wah setuju banget tuh sama pendapatnya mba achi, kita adalah manusia proses dan bukan manusia hasil. Bahkan di agama saya, Allah SWT sendiri selalu menilai dari proses yang kita lakukan dan bukan hasil yang kita kerjakan… kalo Allah SWT saja sudah seperti itu masa kita yang ciptaan-Nya mau beda ya mba-mba sekalian nanti kalo Allah SWT ngga mau anggap kita ciptaan-Nya kan repot tuh.
Dikaitkan dengan masalah syukur, sudah menjadi hal yang wajib bagi saya (mungkin mba-mba juga) sebagai seorang muslim untuk selalu bersabar dan bersyukur, bersabar kalo dapat jodoh kurang cakep dan bersyukur kalo dapat jodoh agak cakep sedikit whehe…
Mari bersyukur… kur…kur……

j a j e mengatakan...

haha. gua demen banget ma niy cerita. dahsyat bu.! akhirnya lo bisa bercerita sebegitu bagusnya.. hahahahaha. pis2.

Unknown mengatakan...

dari crita2 d blog yg udh gw baca.
ni crita yg mnrt gw paling bgs.
dtunngu lg utk crita slanjutny