Minggu, 07 Desember 2008

memberi dan menerima

jangan pernah takut untuk memberi

sip!!
kata-kata yang menurut gw bukan hanya sekedar kata
it's very meaningful
dan sudah teruji pastinya!! (oleh gw si)
dan kalo mau kalian uji, boleh bgt..
Insya Allah terbukti

memang, kalau secara logika matematik, hal ini jelas harus ditakutkan
karena, dengan kita memberi, berarti ada yang berkurang
tapi, memang selalu ada aja hal-hal dalam hidup ini yang terjadi diluar dari logika normal yang ada

ada suatu kejadian yang baru-baru ini keinget lagi, pas gw lg ngobrol sama nyokap

jadi gini ceritanya...
waktu itu jaman SMA, gw baru pulang les
fyi, berhubung otak gw ngepas, gw mencari tempat les yang OK
jadi relalah jauh-jauh gw ke SMA 8 tiap hari minggu, demi mensiasati keadaan otak gw yang ngepas tadi..
lanjut!!
biasanya gw dianter jemput sama orang rumah, tapi hari ini ngga.. karena bokap gw berkunjung ke rumah sobatnya yang lagi ngerayain imlek (mungkin menurut beberapa pihak, tindakan ini tidak benar adanya. Tapi menurut bokap gw, kita hidup di Indonesa yang berlandaskan Pancasila, dimana pada Pancasila disebutkan bahwa kita harus bertoleransi terhadap ajaran agama lain. jadi, berkunjung adalah suatu bentuk penghormatan dan toleransi tanpa menggaggu keyakinan yang kita anut. kembali pada masing-masing individu, tapi itulah yang diyakini oleh bokap gw)

jadi.... dikarenakan bokap gw dan seluruh isi rumah gw, minus gw, semuanya pergi... gw ga bisa dijemput..
jadilah gw nebeng..

dikarenakan temen yang gw tebengin ini rumahnya beda arah sama rumah gw, gw pun cuma nebeng sampe uki, yang kemudian gw lanjutkan dengan naik angkot. sekedar info, uki dan rumah gw berjarak lumayan jauh..
gw pun melanjutkan perjalanan gw, dengan menaiki 3 macam angkot. dan entah ada apa dengan hari itu, terasanya panaaassss banget
tapi apa boleh buat, perjalanan yang gw tempuh masih jauh...
gw lanjutkanlah perjalanan menyiksa ini sambil sepanjang jalan terus membayangkan segarnya segelas air es yang akan gw minum sesampainya gw di rumah.. hehe
setelah turun dari angkot terakhir yang berenti di depan komplek rumah gw, gw pun berjalan dengan lunglai (idih lebai)...

nah.. disinilah cerita sesungguhnya..
saat gw sedang berjalan sambil berlemas-lemas ria, gw berpapasan dengan seorang pengemis. ga tau kenapa, gw merasa sangat iba dengan pengemis yang satu ini. padahal bukankah memang kesan itu yang ditimbulkan dari semua pengemis yang kita temui di jalan?? tapi entah kenapa, yang satu ini benar-benar menimbulkan rasa iba. atau mungkin karena gw baru merasakan suatu yang menurut gw merupakan hal yang menyengsarakan, sementara untuk mereka itu merupakan suatu daily activities?? i don't know...

dan yang gw lakukan bukan sebatas iba, gw teringat bahwa gw memiliki uang seribuan di dalam dompet gw. gw ambil lah si dompet itu dari dalam tas..
ternyata... gw punya seribuan 2 lembar, dan 1 lembar 10 ribuan (miskin-miskin.. hehe).. gw pun memberikan kedua lembar seribuan yang gw miliki kepada pengemis itu..
dan bapak-bapak pengemis itu melakukan ritual yang biasa dilakukan, mendoakan gw dengan cepat seperti telah dilakukan beratus-ratus kali
gw pun menjawab dengan kata "amin" tanpa bisa benar-benar mendengar apa yang dia ucapkan.
yah, semoga aja dya ngedoain gw yg baik-baik. hehe

lalu gw pun melanjutkan perjalanan pulang ke rumah...
sesampainya di rumah, gw langsung merealisasikan impian gw selama di angkot, yaitu meminum SEGELAS BESAR AIR ES!!! hehe

setelah selesai meminum minuman pelepas dahaga tersebut (ehehe), gw pun melanjutkan dengan menonton tv..
beberapa belas menit kemudian, terdengar suara klakson mobil di depan rumah gw
"lah, orang rumah udah pada balik.." gw pun berjalan menuju pintu pagar untuk membukakan pintu...


waktu bokap gw turun dari mobil, bokap gw langsung nyamperin gw, "Win dapet angpau dari om nusa." kata bokap gw sambil menyodorkan amplop merah ke tangan gw
"Hah? beneran, Pa?" tanya gw kaget. gw sama sekali nggak nyangka bakal dikasih angpau.
lalu gw pun membuka isinya...

ternyata... isinya adalah 5OO.OOO rupiah saudara-saudara!!!!

gile, gw bener-bener kaget...

ga ada angin, ga ada ujan (panas bener malah), gw dapet uang 500 ribu rupiah!!!


kalau kita ambil kesimpulan dari kejadin hari ini adalah, kembali ke pelajaran tentang memberi dan menerima

kembali ke ilmu matematik yang tadi gw omongin, di dompet gw tadinya ada uang sebesar 12 ribu rupiah..
gw ngasih ke pengemis yang gw temuin, sebesar 2 ribu rupiah
secara hitungan matematis, harusnya uang di dompet gw tinggal 10 ribu rupiah (bener ga ya itung-itungan gw?? hahaha)
tapi... ternyata...
uang di dompet gw menjadi 510 ribu rupiah

SEE!!!!!!!!!!

itulah yang membuat gw tersadar akan kebenaran teori, semakin banyak kita memberi, semakin banyak juga yang kita terima.. the more you give, the more you get (kalo kaga salah bahasa penjajahnya)
bayangkan ya, uang 2 ribu yang gw keluarkan bisa berlipat ganda menjadi 500 ribu!!! bukan sulap, bukan sihir!!!
hal ini benar-benar terrjadi... saya telah membuktikannya saudara-saudara..


hm...
maka dari itu, teman-teman sebangsa dan setanah air...
janganlah pernah takut untuk memberi kepada orang lain, terutama kepada orang yang membutuhkan...
jangan pernah takut uang kita akan habis dengan kita banyak memberi
Insya Allah, semua amal yang kita lakukan akan menjadi berkah
Amin...


berani coba???
cobain deh, nikmati sensasinya.. haha

mari kita sama-sama berusaha untuk menajdi orang yang lebih ringan tangan untuk memberi..
selamat memberi dan menerima!!!!

1 komentar:

j a j e mengatakan...

gua stuju ma kata2 lo.

ketika lo memberikan sesuatu yg sbnernya lo butuhin, dan dengan penuh ikhlas jg, pasti suatu saat kita dapet balesanny malah lebih. sedikit apapun kebaikan yg dibuat, akan dibalas dengan kebaikan jg. [QS:al-insyirah]

berbagi, adalah suatu hal dimana kita bis ngerti apa yg dirasakan orang tsb.

oiy lupa, terkadang ga semua pengemis itu suka gt ta, tapi sepengalaman gua, yg suka gt kakek2 deh.. hahaha. sotok abis. kenapa jadi milih2 gua, buat dapet doa. ASTAGHFIRULLAH...