Rabu, 04 Februari 2009

dibaca aja ya

Ada hal satu hal yang aneh dari gw, selain hal-hal aneh lainnya yang emang banyak banget.. hehe… tapi yang ini sampai sekarang belum ada penjelasannya.

Pada dasarnya gw bukan orang yang cengeng. Kalau mengalami permasalahan dalam hidup, kata nangis bukan hal pertama yang terlintas di benak gw. Dalam sebulan, belum tentu gw melakukan kegiatan yang namanya nangis, even just once.

Tapi ini tidak berlaku saat gw membaca atau menononton segala sesuatu yang menyedihkan atau mengharukan. Saat gw menonton film atau membaca novel, ketika orang yang menonton film yang sama atau membaca novel yang sama bilang bahwa film atau novel itu cukup sedih, itu artinya di tengah menonton dan membaca, gw sudah dapat dipastikan nangis. Dan kalau mereka bilang, “sedih ya, gw ampe nangis loh.” Itu artinya gw udah nangis bombay. Hahahahaha….

Tapi ya itu, kalau lo mau bilang gw cengeng, dikesampingkan dari tangisan yang keluar saat nonton dan baca, hidup gw alhamdulillah cukup sepi dari tangisan. Dan ketika gw berada di lingkungan yang bersuasana sendu dan cukup penuh tangis, gw akan jadi orang aneh sendiri, yang bukannya ikut kebawa suasana jadi nangis, malah ga bisa nangis.

Kayak barusan, gw nonton reality show “minta tolong”, pattern tu acara setiap tayangannya kan selalu sama ya. Menyaksikan ke incredable an orang-orang kurang mampu, yang masih peduli dengan sesamanya. Gw sangat tertarik dengan tema yang diangkat reality show ini. Karena, ketika orang mampu atau berlebih membantu yang kurang mampu, itu mah biasa. Dan itu memang kewajiban, yang mampu, membantu yang kurang mampu. Tapi.. ketika orang yang kurang mampu, masih dengan ikhlas membantu sesamanya yang kurang mampu, WOW!!!! Buat gw.

Dan lagi-lagi, di setiap tayangannya gw nangis. ATHA!!!! Come on…

Seperti tayangan hari ini, seorang nenek yang membawa-bawa kain bekas yang udah sobek, berjalan seharian mencari orang yang mau membantunya dengan membeli kain bekas yang akan dia jual seharga dua puluh ribu, untuk membayar biaya sekolah cucunya. Semua orang acuh terhadap nenek itu. Tidak bisa disalahkan sebenarnya, karena mereka pun sudah kesulitan dengan hidup mereka, kesulitan dalam mencari uang. Boro-boro ngasih ngasih orang uang dua puluh ribu, nyarinya aja cukup setengah mati. Dan dua puluh ribu yang mungkin sebagian dari kita anggap uang sekali makan, itu berarti makan hari itu untuk mereka. Walau sempat melihat orang-orang yang cukup kasar dalam menghadapi nenek itu, mulai dari yang membentak sampai yang membuang kain itu ke jalan, again, mereka tidak bisa disalahkan. Karena hidup yang mereka jalani, tidak seindah sebagian dari kita. Dan untuk ini, lagi-lagi kita harus mengucap syukur.

Pada akhirnya, nenek itu mendatangi seorang ibu penjual jamu keliling. Awalnya ibu itu sempat menawar kain itu agar harganya bisa lebih murah dari dua puluh ribu, namun pada akhirnya ibu itu tetap membeli kain itu seharga dua puluh ribu. Sebuah kain robek, dibeli dengan harga dua puluh ribu. Ketika akhirnya ibu itu didatangi oleh tim ‘minta tolong’ yang berpura-pura membeli jamu, sambil bertanya-tanya tentang kebaikan ibu itu yang menolong nenek-nenek tadi dengan bertanya, “ibu kok nolong nenek-nenek tadi? Ibu kenal? Ibu ikhlas?”

Dengan bijaknya ibu itu menjawab, “Nggak, saya ga kenal. Habis tadi katanya buat bayar uang sekolah cucunya. Yah… saya sih ikhlas, biar aja. Nanti juga kan saya dapet rejeki lagi dari jualan.”

Dan ketika tim minta tolong ingin membayar jamu yang diminum, ternyata harga segelas jamu itu hanya dalam kisaran ribu. Wahhh… perlu menjual berapa gelas, baru dua puluh ribu yang diberikan bisa kembali??

Ketulusan dan kebaikan hati yang luar biasa.

Dan ketika di akhir acara ibu itu menjelaskan tentang kehidupan sehari-harinya, ternyata ia memiliki dua orang anak. Anak pertamanya mengalami keterbelakangan mental, hingga umur 16 tahun tidak bisa bicara, alhamdulillah anak keduanya sehat, dan suami yang harusnya menjadi tempat bergantung, meninggalkannya entah kemana. GILA!!!!

Dia punya lebih dari cukup alasan untuk mengasihani diri dan menjadi sinis dalam hidup. Punya lebih dari cukup alasan untuk tidak peduli pada sekelilingnya. Tapi dia tidak membiarkan segala hal buruk yang menimpa dirinya, mematikan hati yang ia miliki.

Luarrrr biasa..

Dan kalau kita, yang memiliki hidup yang jauh lebih berkecukupan dan jauh lebih indah, ternyata memiliki kepedulian yang jauh lebih sedikit, apalagi mematikan hati kita, shame on us!!!!!!!!


Jadi kalau untuk yang 1 ini, wajar kan ya gw nangis?? gw ga aneh2 amat kan? Hehe…


Jadi kemana-mana ya, dari ngomongin keanehan gw, jadi ngomongin acara reality show. Yahh.. semoga keanehan gw yang kita bahas kali ini bisa bermanfaat. Loh??

hahahaha

8 komentar:

Unknown mengatakan...

sempet agk maksa krn g nyambung tp bgs win. crita lu bgs kok.
yg g gw nyangka lu orngny gtu aja. hhe
tp makin lama gw baca blog lu critany makin berisi. tp bkn brarti yg lama g brisi
dtunggu lg crita2 lu slanjutny
yup.

achiisurachii mengatakan...

ehm.
si atha memang aneh tapi atha memang punya hati yang sangat lembut teman-teman, buktinya dya amat tersentuhhh !!! haha.

fiuhh.
itulah tha, betapa hidup bukan hanya ttg kita tapi ttg org lain juga. ibu itu udah ngajarin kita tth hal itu. semoga kita ga cuma mikirin kebahagiaan diri sendiri dlm hidup ini, amiinnn !

nasiliwetikanpeda mengatakan...

*ezzat: hahaha... d blg yg dulu g penting jg g pa2 zat. gw jg mengakui kok.. yahh... br belajar nulis. alhamdulillah kalo ada progressnya. d tunggu terus comment2nya

*achi: sial, malah ngeledek. iya chi betul sekali.. amin... saling mengingatkan y tayang. hahaha

Unknown mengatakan...

nyantai aj lg win
g usah merendahkan diri gtu
^^
pokoke dtunggu lah crita2 "aneh" lu slanjutny
hhe

j a j e mengatakan...

hahaha. taa taa.. ada2 aja yg bisa membuat lo sperti ini. mungkin kehidupan realita lo belum sampai sini kali y? jadi ga bisa merasakan secara langsung... hahaha.

makin gua pengen liat lo nangis aja sih! haha.

nasiliwetikanpeda mengatakan...

Ezzat: ok zat... comment2 trus y

jaja: eh ja, sebagai teman yg baik itu, ingin melihat teman tersenyum dan tertawa, bukannya ingin melihat teman menangis..
teman macam apa kau!!!!!!!!!!!!!!!!
hahahahahaha

j a j e mengatakan...

karena menangis jg bagian kehidupan selain kita tertawa bahagia, yahh bole2 aja sih sbnernya. sah2 saja. hahaha.

tapi bisa kebayang kok taa, gmn lo klo nangis.

kan lagi selalu senang jadi ga nangis! hehe.

nasuha mengatakan...

salaam...
UMAR bin ABDUL AZIZ, Dia seorang hafizh, mujtahid, sangat mendalam ilmunya, zuhud,ahli ibadah dan sosok pemimpin kaum Muslimin yang sejati.Istrinya, Fathimah pernah berkata, “ Dikalangan kaum laki-laki memang ada yang shalat dan puasanya lebih banyak dari Umar. Tetapi aku tidak melihat seorangpun yang lebih banyak ketakutannya kepada Allah daripada Umar, jika masuk rumah ia langsung menuju tempat shalatnya, bersimpuh dan menangis sambil berdoa kepada Alloh hingga tertidur. Kemudian dia bangun dan berbuat seperti itu sepanjang malam.”...
berbahagialah bagi yang masih diberi kelembutan dan kepekaan hati, semoga karunia air mata ini bisa membantu qta makin sering bsyukur kepadaNYA...